« Kembali ke daftar dosen

Segmentasi Pasar Kerja Wanita di Indonesia Berdasarkan Data SAKERNAS 2015

Agnes Ratih Ari Indrayani

Abstrak

Ringkasan Terjadinya ketidaksempurnaan pasar tenaga kerja memunculkan kecenderungan bahwa pasar kerja pada bidang pekerjaan tertentu hanya dapat dimasukioleh kelompok sosial tertentu. Segmentasi pasar dapat muncul apabila orang tidak mampu memilih lapangan pekerjaan secara bebas akibat adanya hambatan atau rekayasa sosial seperti pemberlakuan jenis kelami, tingkat pendidikan dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kondisi segmentasi pekerja wanitadalam pasar kerja di Indonesia berdasarkan struktur pekerjaan yaitu lapangan pekerjaan, status pekerjaan dan jenis pekerjaan menurut tingkat pendidikan, umur dan jam kerja. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif; dengan data sekunder bersumber dari data Survey Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) tahun 2015 semester 1. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan lapangan pekerjaan utama, pada sektor industri dan jasa di perkotaan, pekerja wanita berpendidikan tinggi mengalami segmentasi yang lemah, demikian juga pada pekerja berpendidikan rendah (<=SD) di kota dan desa. Berdasarkan jenis pekerjaan utama, pekerja wanita berpendidikan tinggi mengalami segmentasi yang lemah pada jenis pekerjaan terampil baik di kota maupun desa. Pada jenis pekerjaan terampil di desa, pekerja wanita berlatar pendidikan rendah, menengah (SMTP-SMTA) tinggi mendominasi pekerjaan tersebut. Berdasarkan status pekerjaan,pekerja wanita berpendidikan tinggi mengalami segmentasi yang lemah di sektor formal baik kota maupun des a. Sedangkan pekerja wanita berpendidikan rendah mengalami segmentasi yang lemah di sektor informal di kota dan desa. Sedangkan segmentasi pekerja wanita berdasarkan umur, pekerja wanita berusia muda (15-24 th) mengalami segmentasi lemah pada sektor formal baik di kota maupun desa. Pekerja wanita berusia tua (45+) mengalami segmentasi yang lemah di sektor informal di kota dan desa. Segmentasi pekerja wanita berdasarkan jam kerja, terjadi segmentasi kuat pada pekerja wanita pada bidang pekerjaan dengan jam kerja panjang (>35). Kata kunci : Segmentasi; pasar kerja; pekerja wanita